Senin, 30 Oktober 2017

7 Kebiasaan Unik Orang Bawean

7 Kebiasaan Unik Orang Bawean
7 Kebiasaan Unik Orang Bawean

Citizen6, Jakarta Orang Bawean, atau Boyan biasa rakyat Malaysia serta Singapura memanggilnya, memiliki banyak adat unik yg dilakukan setiap hari. Mereka yg tinggal di pulau mungil di tengah-tengah laut Jawa ini memang punya disparitas yg cukup bagus dibanding tempat lain. Belum lagi alasannya tidak begitu akbar, membuat pulau bareng luas 194,11 km2 ini jadi sangat unik, termasuk budayanya.

Mereka tidak primitif, bahkan sanggup dibilang peradabannya telah yg sangat maju. Tapi orang Bawean sangat berpegang teguh pada warisan leluhur mereka. Maka sumber itu, ada beberapa adat-adat yg terlihat lucu, kalau dicermati sumber kacamata berkualitas di optik tunggal jaman kini.

Nah, apa saja adat-adat tadi? Ini beliau Rusa telah rangkum 8 adat unik orang Bawean:

 1. Nongkrong di Dhurung

Dhurung ialah tempat semacam gazebo, yg letaknya selalu di depan tempat tinggal. Di Bawean sporadis ditemukan cafe atau warung kopi, mereka biasa nongkrong di kampungnya masing-masing yaitu di dhurung tadi. Sebagian akbar rakyat Bawean, memiliki dhurung ini di depan rumahnya.
Ini model dhurung tradisional yg terdapat lumbung padinya di bagian atap

Aktivitas yg biasa dilakukan di dhurung beragam. Ada main domino, main kartu, rujaan, main catur hingga sekedar bergosip ria buat para wanita. Dhurung maupun adalah tempat bersilaturrahmi orang-orang se-kampung.

Kebiasaan lainnya, ayo baca di sini

Pengirim:

Ibnu A

**Ingin membuatkan keterangan sumber serta buat kita di Citizen6? Caranya sanggup dibaca di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top