Minggu, 07 Januari 2018

Ini Nih, 9 Gosip yg Kadang Bikin Kamu Minder Sebelum Berjuang Masuk Jurusan Kedokteran!

Ini Nih, 9 Gosip yg Kadang Bikin Kamu Minder Sebelum Berjuang Masuk Jurusan Kedokteran!

Setelah artikel 9 hal wajib yg wajib kalian tahu apabila pengen masuk jurusan kedokteran, sekarang Hipwee nelorin lagi neh sekuelnya. Gosip-gosip yg sering beredar luas ini jangan hingga deh bikin harapan engkau menjadi dokter PUPUS sebelum berjuang.

Pasalnya, buat masuk menjadi mahasiswa kedokteran memang diperlukan mentalitas tinggi. Nah, sayangnya kadang mentalitas itu menyiut seiring bersama gencarnya gosip bersama berbagai bumbu penyedap.

Ibarat virus yg menggerogoti tubuh insan, gosip ini gak sporadis bikin engkau minder serta merasa gak layak jadi mahasiswa kedokteran. Padahal, sebenarnya engkau pintar serta memiliki keunikan buat menjadi dokter serta menyehatkan lebih poly warga Indonesia. Merdeka!

1. Sekolah dokter itu mahal banget, mana sanggup deh bayarnya?

"Kaka, aku pengin banget jadi dokter tapi orang tua aku gak bisa...gimana ya caranya"

Wah goresan pena di atas sering banget aku terima entah via facebook maupun twitter paska para pemburu "jurusan kedokteran" ini baca goresan pena tips masuk kedokteran aku disini.

Bener gak sih porto di fakultas kedokteran itu mahal hingga ratusan juta? Ada bener serta terdapat enggaknya. Sekarang ini model pembayaran SPP telah diganti bersama cara Uang Kuliah Tunggal dimana telah tidak terdapat lagi tuh uang "mahal" di muka karena semuanya terbagi dalam semesteran.

Nah, bayaran SPP ini bergantung banget dalam cara engkau diterima di universitas tadi, contohnya lewat PMDK atau SNMPTN ujian nasional atau ujian masuk spesifik. Jadi jangan lagi mempersubur "para calo" yg meminta sejumlah uang "pangkal" karena sebenarnya sistem pendidikan kedokteran sedang berbenah ke arah yg lebih baik yaitu bebas KKN.

Atau jangan juga karena merasa "kaya" eksklusif maen "setor gepokan duit" sebagai pelancar jalan. Kasian 'kan makin susah diberantas nanti ujung pangkalnya KKN.

Jadi jangan parno dulu kalo terdapat yg bilang sekolah kedokteran itu mahal. Bukan berarti kaum miskin nan papa gak bisa merasakan memakai jas dokter loh. Lolos lewat jalur PMDK bisa NOL rupiah loh dari awal masuk hingga lulus jadi dokter.

"Tapi ortu aku beneran gak punya duit, kehidupan kita pas-pasan banget kaka. Gimana ya kaka"

Nah jangan berputus harapan dari rahmat Tuhan Yang Maha Kasih, karena Dia masih memberi otak cerdas buat kita mencari beasiswa. Caranya! Kudu PINTER! Ini Wajib.

Cara cari beasiswanya gimana, silakan di ketik aja ya di mesin pencari. Kudu pinter cari tau beasiswa ini membayar apa saja serta berapa poly uang bulanan yg diterima supaya bisa persiapan jauh-jauh hari kalau wajib mengambil kocek sendiri juga.

"Bukannya buku-buku kedokteran juga mahal ampe jutaan ya kak. Gimana dong"

Wah gak semua buku wajib dimiliki kok yg penting pernah engkau baca. Nah caranya gimana, perpustakaan dong ditambah era teknologi internet semua buku kedokteran sebagian besar telah terdapat dalam bentuk soft nya. Gampang deh bisa dibaca dimana aja serta kapan aja.

Nah bukan lagi jadi alasan kan. Yang penting seberapa besar usahamu menuju kesana, yap, ke cita-citamu menjadi dokter. Karena siapapun berhak loh jadi dokter

2. Duh aku gak senang pelajaran IPA, apalagi Biologi. Bisa jadi dokter gak ya?

Saya pernah bisa ginian, dari yg gak senang pelajaran IPA hingga yg paling ekstrem bukan jurusan IPA

"Kak aku masuk penjurusan IPS tapi sebenernya aku pengen banget jadi dokter, gimana yak. Masih terdapat kesempatan gak ya buat aku"

Ada! Kalau ditanya kesempatan itu akan selalu terdapat. Yang jadi problem, sanggup gak nih tuk yg IPS nantinya ikut ujian masuk kedokteran terdapat materi IPAnya juga alias tetap otodidak (atau ikut les) yg berbau IPA supaya bisa mengerjakan ujian masuknya.

Intinya di kedokteran itu siapa aja boleh masuk kok asal ia lolos ujian tulis aja yg mengindikasikan ia nantinya akan sanggup mendapat perkuliahan kedokteran yg berat. 

Gak perlu wajib mengasihi biologi, matematika, fisika serta segala ilmu IPA lainnya karena nantinya ilmu dasar tadi hanya dipakai di perkuliahan tahun pertama saja sebagai dasar. Sisanya, akan poly mata kuliah lain yg lebih seru ihwal insan. Tuh, menyenangkan bukan sekolah di kedokteran.

3. Gak pernah dapet raingking di kelas, bisa gak yak tetep jadi dokter.

"Ka..aku tuh gak pernah masuk raingking kalo di kelas karena sahabat-temanku yg lain pinter-pinter. Tapi aku sebenernya pengen banget jadi dokter ka. Mungkin gak ya"

"Kaka dulu nilai di SMAnya berapa sih kok bisa jadi dokter"

Mungkin banget. Lagi-lagi tidak terdapat yg tidak mungkin kalau mau berusaha lebih kuat. Jadi dokter belum tentu wajib selalu jadi bintang di kelasnya. Karena gimanapun persiapan ikut ujian masuk ke universitas yg kita impikan itu lebih penting. Tentu saja persiapan ini wajib didukung ama fisik yg sehat yak.

Bayangkan aja, si bintang kelas yg pinter banget bisa aja gak diterima karena gagal di ujian tulis lantaran pas ujian kena diare atau sakit lainnya sementara engkau yg biasa-biasa aja bisa lolos lantaran mengerjakan bersama sungguh-sungguh serta sehat.

Tapi apabila engkau ingin masuk kedokteran bersama porto murah melalui jalur PMDK, maka nilai ketika di SMA wajib grafiknya naik yak. Persiapan ujian masuk juga wajib dilakuin dari jauh-jauh hari loh, kalau perlu dari sejak engkau kelas 2 SMA.

Jika engkau lagi ngerasa lelah belajar, istirahat dulu gak apa kok. Karena jujur, hal terberat sekalipun yg ketika ini kalian hadapi waktu belajar itu belum terdapat seberapanya dibanding bersama pas beneran nanti jadi mahasiswa kedokteran. Lebih beraaat....so, tentuin lagi deh mau jadi dokter lewat ujian apa neh.

Karena jujur, hal terberat sekalipun yg ketika ini kalian hadapi waktu belajar itu belum terdapat seberapanya dibanding bersama pas beneran nanti jadi mahasiswa kedokteran (Avis 2015).

4. Takut banget sama darah nih, gimana dong?

"Aku tuh pernah lihat orang kecelakaan trus bukannya nolongin aku malah kelenger duluan kak"

"Duuuhh pokoknya kalau lihat darah eksklusif keringet dingin gitu"

Takut ama darah bukan penghalang loh tuk bisa jadi mahasiswa kedokteran. Serius loh, karena nanti waktu menjadi dokter terdapat poly pilihan karir misalnya peneliti yg tidak berafiliasi bersama darah atau malah pengelola rumah sakit.

"Tapi kalo pas kuliahan gimana kak. Bukannya kita ketemu yg berdarah-darah terus ya"

Masuk di kedokteran nantinya kita berhadapan bukan cuma ama darah loh. Jika contohnya ketakutan ama darah telah di tingkat yg "mengganggu", maka ini bisa diterapi kok bersama pengobatan serta teknologi yg telah mutakhir. 

Toh ketika perkuliahan kita tidak selalu berafiliasi bersama yg berdarah-darah. Jadi, jangan eksklusif ciut yak karena takut darah trus gak jadi masuk kedokteran padahal engkau pintar.

5. Aku juga takut banget lihat jarum injeksi. Masih bisa jadi dokter gak ya?

"Kalau darah sih berani aja, tapi kalau udah lihat jarum. Mending aku disuruh lari keliling lapangan aja deh kak"

"Aku dulu pas kecilan syok gitu karena pernah diinfus jadi hingga sekarang serem banget cita rasanya kalau lihat jarum"

Ketakutan akan sesuatu memang hal yg wajar serta setiap orang akan bhineka tergantung pengalaman masa lalu. Tapi kalau cuma takut jarum injeksi serta bikin engkau gak mau coba masuk kedokteran padahal engkau pengen banget jadi dokter, wah pikir lagi deh.

Biasanya yg beginian waktu zaman di kuliahan malah sering dijadiin bahan iseng loh ama temen-temen lainnya biar usang kelamaan ketakutan terhadap jarumnya berkurang. Tenang aja, masih bisa banget kok beradaptasi kalau cuma takut jarum aja yg penting ujian masuk kedokterannya lolos dulu yak. 

6. Takut banget ketemu mayat pas praktikum kuliah nanti, gimana dong?

"Beneran nanti kita bakalan ketemu mayat ya kak...serem gak ya. Aku takuttt...

Eit, jangan keliru, ini bukan sembarang mayat loh karena ia punya nama spesifik. Kadaver, begitu mahasiswa menyebut keliru satu sumber ilmu ini. Sama sepertinya pasien, kadaver adalah mahkluk berjasa yg untuknya seluruh mahasiswa kedokteran akan mengucapkan terima kasih.

Dengan adanya kadaver inilah kita bisa belajar anatomi tubuh insan secara nyata. Jadi jangan dibayangkan kadaver itu mengerikan yak.

"Duh pungkasnya pas ospek nanti kita disuruh berduaan aja ama kadaver di ruang tertutup ya kak"

Wah kalau udah bayangin ospek atau masa orientasi berarti kalian udah 1/2 jalan loh menuju kampus FK. Artinya kalian telah kepo maksimal ihwal apa aja yg bisa terjadi di kampus kedokteran.

Zaman dulu sih memang kadang ospeknya masih berorientasi fisik, termasuk uji nyali bersama kadaver. Tapi tenang aja, karena zaman sekarang kadaver akan diperkenalkan bersama cara ilmiah kok. Tapi tetap aja pengalaman pertama ketemu kadaver itu unik. Jadi tidak perlu lagi takut yak. Mari bersahabat bersama kadaver!

7. Aku gagap serta senang gugup ketemu orang, masih bisa jadi dokter gak ya?

"Aku senang banget grogi kak. Selalu gugupan kalo ketemu orang. Duh nanti gimana kalau meriksa orang"

Gugup, grogi bahkan latah serta berbagai penyakit psikis lainnya tidak akan menghalangi niatmu buat menjadi dokter. Bahkan walau engkau gugup sekalipun ketika ujian wawancara serta berhadapan bersama para dokter penguji, itu tidak menjadi nilai minus loh selama ujian tulismu bagus.

Nantinya waktu kuliah di kampus kedokteran kita akan diajari cara berinteraksi bersama orang lain. Bahkan cara berempati kepada pasien pun akan diajari walau engkau praktis gagap sekalipun.

Jadi jangan minder serta berkecil hati yak kalau engkau sekarang tiap disuruh bicara di depan orang eksklusif keringat dingin. 

8. Aku pake kacamata berkualitas di optik tunggal tebel nih, gimana ya lolos tes kesehatannya?

"Katanya terdapat tes kesehatannya ya kaka, aku pake kacamata berkualitas di optik tunggal minus tebel banget nih. Boleh gak ya"

Nah, ini terkadang jadi momok mengerikan dulu sebelum bertarung masuk kedokteran. Memang tes kesehatan itu penting akan tetapi jangan hingga dijadikan momok menyeramkan yak.

Menggunakan kacamata berkualitas di optik tunggal tebal bahkan misal matanya sedikit juling tidak menghalangi niatmu menjadi dokter loh. Asalkan masih aman tidak buta warna yak.

"Aku pernah kecelakaan trus kaki aku dioperasi gitu, bisa gak ya ka"

"Gigiku poly yg ompong kak karena pernah jatuh, gimana yak"

Wah usang kelamaan kayak konsultasi kesehatan nih. Pada dasarnya nanti tes kesehatan dilakukan buat mengetahui riwayat penyakit jadi tidak problem jujur saja apabila pernah dioperasi. Asalkan ujian tulis engkau bagus, tes kesehatan sifatnya mendukung kok, jadi jangan dijadikan momok mengerikan yak.

Nantinya kalau telah diterima jadi mahasiswa kedokteran kudu selalu jaga tubuh biar sehat yak. Maklum kesibukan super padat biasanya sering bikin penyakit usang kumat kalau makan sembarangan atau telat. 

9. Katanya kuliah di kedokteran itu super usang serta sibuk. Duh..masih bisa jalan-jalan gak ya?

"Kak, aku tuh orangnya bosenan banget kalo belajar kudu lihat buku terus. Sukanya kalo nongkrong-nongkrong gitu. Duh ntar kalo aku jadi mahasiswa FK gimana yak"

Memang sih sekolah kedokteran itu lebih usang dibandingkan bersama S1 jurusan lainnya. Wajarlah, kan dokter nantinya akan mengobati insan dimana tiap insan satu bersama lainnya itu unik.

Sekolah yg usang itu buat menyiapkan bekal waktu nantinya berhadapan bersama nyawa insan. Gak mau kan kalau jadi dokter kita bukannya menolong tapi malah mencelakakan orang.

Tapi tenang aja, 5-6 tahun terasa cepat kok apabila engkau bisa menikmati proses menjadi dokter. Bahkan waktu engkau gak senang cara belajar monoton berhadapan bersama buku, di kedokteran akan ketemu poly si pintar bersama berbagai cara belajar yg unik.

Kerja grup serta menjadi super team adalah kuncinya karena di kedokteran engkau gak bisa berdiri sendiri, selalu terdapat sahabat-sahabat di sampingmu yg akan saling menguatkan.

Dan menjadi dokter bukan berarti talenta seni engkau meninggal loh karena gak bisa nongkrong. Malah bisa lebih unik lagi serta dijamin deh waktu udah kuliah di kedokteran nanti akan timbul cara-cara sederhana "menikmati hidup di kedokteran".

Advertisement

Artikel Bermanfaat serta Menghibur Lainnya

Wisata Live In, Tinggal di Rumah Warga. Selain Lebih Murah, Kamu Juga Dapat Pengalaman Berharga
Pubertas Kedua Cowok Di Usia 40 Tahun. Para Cewek Harus Tahu Sebabnya serta Bagaimana Mengatasinya!
Brewok Bukan Jaminan Bikin Ganteng. Simak 6 Macam Model Brewok Ini Agar Tak Asal Pelihara
Kenalan bersama Kota Agats! Kota Bebas Polusi di Papua yg Mengapung di Atas Papan
Menjadi Pranjurit Negara Memang Tidak Pudah, Mengikhlaskan Nyawa Adalah Taruhannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top