Rabu, 17 Januari 2018

Kacamata, baju koko, & uang terakhir.

kacamata berkualitas di optik tunggal, baju koko, serta uang terakhir.

Malam itu, aku serta mama, sedang membereskan baju-baju yg tergantung didalam gudang, kawasan dimana kami biasa menggantungkan baju-baju famili kami.

Sudah banyak yg tidak terpakai nih nak. Ujar mama

Iya ma, ini jua baju nya udah mulai mungil ma. Ujarku.

Begitu banyak baju yg kami pilih, yg kami rasa sudah tidak layak lagi akan kami gunakan, baju yg ke kecilan, baju yg sudah lusuh, atau baju-baju yg memang sahih-sahih tidak terpakai lagi. Terkadang mama terlalu resik, sehingga baju kumel sedikit saja sudah dibilang tidak layak gunakan. Itulah Mama, untuk hal misalnya ini memang perfeksionis.

Disaat sedang menentukan baju tersebut. Kami menemukan beberapa baju batik peninggalah almarhum papa, peninggalan yg sangat berharga untuk kami.

ini siapapun yg gunakan, tidak akan muat lagi nak begitu mama bilang dikala pertanda keliru satu baju batik milik papa. Tapi mama tetapkan tidak membuangnya.

Disaat aku menentukan-milihkan baju, baju koko berwarna coklat itu. Iya baju tersebut, terselip sesuatu baju tersebut agak berat dalam sisi kantong bagian sebelah kanannya.

ma, apa ini ya ? ujarku

Mama membolak-balikkan baju tersebut.

Ini kantongnya mana sih? sambil membolak-balikkan lagi baju itu.

Astagfirulloh.. mama tersentak.

Ku menemukan sebuah kacamata berkualitas di optik tunggal peninggalan papa, serta uang sebanyak Rp. 22,000-. Uang peninggalan papa, untuk yg terakhir kalinya. Utuh.

Kurang berdasarkan satu bulan sebelum papa mati.

Mamama liat kacamata berkualitas di optik tunggal papa engga sih ma?

yg mana pa ? jawab mama.

itu loh yg baru aja dibeli, warna hitam dia, ndak keliru taruh kok papa, sahih itu sahih papa sudah taruh kok

papa keliru naro kali pa ? jawab mama.

hey anak bujang ? bantuin papa mencari kacamata berkualitas di optik tunggal ! perintah papa.

Aku memakai sedikit malas, sambil mencoba untuk bermanja-manja memakai papa berdiri serta bergelayutan dalam pundak papa.

papa mah adat, naro apa-apa lupa.

namanya jua udah tua balas papa.

biasanya kan papa taruh disebelah peci hitam papa diatas televisi

Papa memang punya adat unik, ini sudah mulai aku sadari semenjak aku masih duduk dalam kelas satu sekolah dasar, serta entah kapan papa memulainya. Setiap pengajian subuh papa pergi kerumah selalu saja, menaruh peci hitamnya memakai kacamata berkualitas di optik tunggal baca beliau diatas televisi. Kebiasaan ini terus dilakukannya hingga beliau wafat.

ketemu engga ? celoteh papa

engga pa ujarku

mencari apa-apa kalau tidak berfokus mana sanggup ketemu anak bujang celoteh papa.

Aku Cuma sanggup senyum-senyum sendiri, mendengarkan papa menegurku.

huuh, gimana nanti kalo mencari jodoh?

itu lain pa. jawabku.

tapi kau harus melihat memakai kacamata berkualitas di optik tunggal hatimu nantinya dikala menentukan seseorang pesan papa.

ma, anaknya tuh.. mencari apa-apa berasal engga ketemu sudah begitu aja ditinggalin, adat

Mama hanya senyum-senyum sendiri.

nanti, kalo kacamata berkualitas di optik tunggal papa ketemu, simpan baik-baik ya. Ada uangnya tuh, bilang sama bibi, kalau mencuci lihat-lihat dulu, siapa tahu ketemu pesan papa.

iya pa jawab mama.

udah sini mana kacamata berkualitas di optik tunggal mama, papa gunakan dulu, hey bujang ambilkan kacamata berkualitas di optik tunggal mama perintah papa kepadaku.

Lima bulan selesainya kepergian papa.

kacamata berkualitas di optik tunggal, baju koko, serta uang terakhir papa sebanyak Rp. 22,000-. Masih utuh didalam kantong baju koko coklat tersebut.

nanti, kalo kacamata berkualitas di optik tunggal papa ketemu, simpan baik-baik ya itu yg teringat dalam benakku. Pesan papa terakhir untuk kacamata berkualitas di optik tunggal serta baju koko kesayangannya.

Pa, seluruh masih dalam ingatan, pa seluruh masih dalam kenangan, serta tidak akan ada yg berubah.

Lalu aku serta mama menyimpan seluruh nya memakai keadaan baik, bersama kenangan yg sudah kami lalui bersama pria terhebat yg memakai pundaknya, memakai tangannya, memakai kasih sayang yg tidak pernah dalam ucapkannya, akan tetapi dalam buktikan memakai cara mendidik kami.

Pa, inilah peninggalan kasih sayang papa..

20-may-2011

Ini peninggalanmu pa, yg paling berharga.

Boy Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top