Sabtu, 27 Januari 2018

Keselamatan serta Kesehatan Kerja di Pertambangan

Keselamatan & Kesehatan Kerja kepada Pertambangan

Indonesia memiliki aneka macam sektor industri yang salah satunya yaitu pertambangan. Pertambangan memiliki kiprah yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Pertambangan membagikan kiprah yang sangat signifikan dalam perekonomian nasional, baik dalam sektor fiscal, moneter, juga sektor riil. Peran berdasarkan pertambangan sendiri terlihat kentara sekali dimana pertambangan menjadi satu dari asal bagi penerimaan negara & berkontribusi dalam pembangunan wilayah, baik dalam bentuk dana bagi yang akan terjadi juga program community development atau coorporate social responsibility yang terpenting merupakan transparan nya kepada public menjadi akibatnya bisa membagikan nilai surplus dalam neraca perdagangan, menaikkan investasi sangat positif terhadap ketenagakerjaan menjadi satu dari faktor secara umum dikuasai dalam memilih Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) & menjadi satu dari asal energy, kepada kawasan tambang.

Mungkin banyak orang yang belum memahami seberapa penting (K3) kepada kawasan pertambangan, sebenarnya bagaimana taraf keselamatan diperusahaan tambang? Saya sendiri berkesempatan turut menjadi peserta dalam Sustainable Mining Bootcamp PT. NNT (Newmont Nusa Tenggara).

PT Newmont Nusa Tenggara merupakan perusahaan yang bergerak kepada bidang pertambangan. Produk PT Newmont Nusa Tenggara berupa konsentrat tembaga yang mengandung sejumlah mungil emas, yang dikirimkan ke aneka macam pabrik peleburan kepada Indonesia juga kepada Luar Negeri buat pengolahan selanjutnya. Keberadaan lokasi tambang membagikan bantuan yang besar bagi negara baik berdasarkan segi ekonomi juga sosial, sebab pertambangan memiliki kapasitas menjadi penggerak (prime mover) pembangunan kepada wilayah terpencil khususnya NTB. Pada kesempatan kali ini aku diundang mengunjungi langsung & melihat proses kegiatan pertambangan yang dilakukan PT.NNT, mulai berdasarkan proses produksi hingga pengelolaan keselamatan kerja disana.

PT.NNT Batu Hijau mempekerjakan lebih berdasarkan ribuan karyawan & ribuan pekerja sub kontrak. Bayangkan buat mengatur pekerja yang begitu banyak maka perlu timbul system keselamatan yang baik. Sebaik apa system yang dimiliki sang PT.NNT. Areal pertambangan Batu Hijau berdasarkan Pelabuhan Benete Newmont mulai terasa penjagaan yang begitu ketat, setiap penumpang yang turun kepada Pelabuhan harus menerangkan ID Card nya yang memang spesifik dikeluarkan sang pihak perusahaan mirip kita masuk ke dalam kedutaan besar. Jadi tidak heran dong tidak sembarang orang bisa masuk ke area pertambangan, sebab setiap akses masuk & keluar, makan & minum dan kegiatan apapun didalam site pertambangan menggunakan ID Card. (ID Card ibarat Doraemon nya Nobita yang selalu kepada butuhkan) ID Card tadi sudah menggunakan system barcode dengan system ini setiap karyawan & pengunjung yang ingin masuk ke dalam site pertambangan bisa memakan ID Card menjadi akses keluar masuk atau makan & minum dikawasan town site pokoknya semua terjamin dengan adanya ID Card.

Ada juga kostum keselamatan yang disediakan sang pihak Newmont diantaranya Safety Vest, helm, kacamata berkualitas di optik tunggal anti uv & sepatu both spesifik Kruher sepatu safety yang kepada desain & dibuat buat menjaga keselamatan pekerja dalam beraktivitas. Lisensi yang diberikan berdasarkan Australia. Krusher merupakan sepatu safety dengan sole yang terbuat berdasarkan bahan T.P.U ( Thermo Plastic Urethane), Semua harus wajib kepada pakai sang para pengunjung yang akan mengunjungi site Batu Hijau.

Ketika memasuki lebih dalam area pertambangan kita akan semakin memahami tentang peraturan keselamatan kerja yang begitu ketat. Salah satunya merupakan peraturan tentang mengendarai tunggangan kepada areal tambang. Saya sangat mencicipi akan hal itu..

Untuk setiap pengendara yang boleh mengendarai tunggangan kepada areal pertambangan harus memiliki izin & SIM Polisi spesifik yang nanti nya akan menyatu dengan ID Card. Tidak sembarang orang boleh mengendarai tunggangan dalam area pertambangan. Pengemudi Haul Truck diareal pit setiap habis melakukan perlop kerja atau libur, wajib mengikuti pelatihan & mengikuti simulasi mengemudi pulang.

Kendaraan harus sempurna berhenti ketika lampu merah menyala atau dalam keadaan perempatan jalan. Kendaraan harus sungguh berhenti ditandai dengan ban depan yang tidak bergerak. Dan buat berbelok ke kanan/kiri harus membagikan tanda beberapa meter sebelumnya & sempurna kepada tikungan tunggangan harus sungguh berhenti sebelum berbelok.

Untuk tunggangan 4WD yang bisa memasuki areal pit tunggangan tadi telah kepada pasang tiang & bendera dengan tinggi 2 meter agar tidak terjadi Bind Spot.

Peraturan-peraturan tadi apakah bisa dilanggar? Peraturan yang dijalankan PT.NNT begitu tegas bro. Seperti peraturan tidak mengenakan sabuk pengaman saja, ketika timbul karyawan yang melanggar maka hukumannya merupakan skorsing atau SIM pengemudi nya langsung kepada cabut/kepada gunting. Karena semua supir kepada areal Pertambangan sudah terbiasa melakukan prosedur keselamatan tadi.

Memasuki areal produksi lebih dalam penulis melihat aneka macam macam plang & tulisan yang selalu mengingatkan pekerja buat menggunakan perlengkapan keamanan. Ketika masuk & melihat proses penghancuran mineral, pengunjung diharuskan mengenakan penutup pendengaran buat menghindari kebisingan yang terjadi disana. Pengemudi harus memastikan dirinya & penumpang mengenakan sabuk pengaman jikalau tidak tunggangan beroda empat ini tidak akan maju. Ujar pendamping wanita team aku. Setiap pengemudi & penumpang harus bisa menerangkan ID Card nya disetiap pos penjagaan. *Tunjukin-Scan-Jalan*

Tidak terlepas berdasarkan keselamatan kerja yang paling penting juga merupakan kasus kesehatan. Saya berkesempatan mengamati tentang bagaimana Newmont berusaha menjadikan karyawannya menjadi sehat, yaitu setiap karyawan yang makan kepada Mess hall "Tambora" Newmont ini merupakan tempat favorit aku & sahabat-sahabat yang lainnya.hhe Jadi kepada meja makan semua mendapat papan petunjuk tentang pilihan kuliner yang akan dimakan sehat atau tidak.Newmont telah bekerja sama dengan PBU, sebagaimana yang lebih dikenal, telah menyediakan jasa katering & pendukungnya buat lokasi terpencil kepada seluruh Indonesia sejak 1985.

Ada juga piring "Gaya Hidup Sehat" yang siap mengalokasi kuliner kita ke tempat yang seharusnya dengan porsi yang telah kepada atur.

Semoga yang aku sampaikan diatas merupakan merupakan bagian mungil berdasarkan kegitan aku selama #NewmontBootcamp keselamatan & kesehatan kerja yang aku lihat & amati.

PT.NNT mendapatkan predikat menjadi Perusahaan Tambang dengan Program Kesehatan & Keselamatan Kerja Terbaik & mendapat Trophi Penghargaan Utama kepada bidang Pengelolaan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) berdasarkan Departemen Energi & Sumber Daya Mineral & juga Pertambangan yang paling kondusif.

Salam: @winggawing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top