Rabu, 08 November 2017

15 Kiat Jitu demi Bisa Bangun Segar ketika Kamu Harus Masuk Kuliah Jam 7 Pagi

15 Kiat Jitu demi Bisa Bangun Segar ketika Kamu Harus Masuk Kuliah Jam 7 Pagi
15 Kiat Jitu demi Bisa Bangun Segar waktu Kamu Harus Masuk Kuliah Jam 7 Pagi

Bangun pagi dapat menjadi cobaan terberat dalam hidupmu. Apalagi andai istilah kau muncul kuliah pukul 7 pagi. Kamu wajib melawan rasa kantuk yg begitu hebat supaya dapat segera membuka mata. Kadang maupun kau tidak rela lantaran rasanya mata ini baru terpejam sekejap saja. Kasur pun menjadi daerah ternyaman di global dan kau enggan beranjak darinya.

Memang usaha untuk bangun pagi itu tidak praktis. Belum lagi waktu kau sudah terbangun, kau masih wajib melawan rasa malas lantaran wajib memulai rutinitas lagi. Nah, supaya kau dapat bangun pagi lebih cepat dan dapat langsung merasa segar untuk mengikuti kuliah jam 7 pagi, coba deh lakukan hal-hal ini!

1. Sayangi staminamu dengan tidur minimal 8 jam sehari. Supaya kau lebih segar waktu wajib bangun pagi

Waktu tidur normal bagi orang dewasa rata-rata 7-8 jam per harinya. Ya, waktu tersebut adalah waktu ideal bagi manusia dewasa untuk mendapatkan tidur yg berkualitas. Dengan tidur yg berkualitas kau akan mendapatkan poly manfaat bagi tubuh. Tidak hanya lebih segar, bulat hitam di bawah matamu maupun akan menghilang. Selain itu, tidur yg berkualitas maupun akan membuat suasana hatimu lebih terjaga.

Dengan tidur yg berkualitas kau maupun akan mendapatkan poly manfaat lainnya. Tidur mampu memacu kreatifitasmu lantaran dapat memperkuat komponen emosional memori pada otak. Selain itu kau maupun dapat terhindar asal tertekan dan depresi.

2. Aika tak punya waktu lama untuk memejamkan mata jangan lupa matikan TV dan lampu sebelumnya. Kegelapan akan memberimu tidur berkualitas jawara

Apakah kau hobi terlelap dengan TV yg masih menyala dan lampu yg tidak dipadamkan? Aika iya, segera ubah kebiasaan itu kini maupun. Menurut penelitian, tidur dengan lampu padam dapat mencegah penyakit kanker. Ya, menurut ahli hidup Joan Robert, tubuh dapat menghasilkan hormon melatonin hanya waktu tidak muncul cahaya. Hormon inilah yg nantinya mampu mencegah dan memerangi penyakit kanker.

Selain itu, mematikan lampu kau maupun disarankan untuk memadamkan televisi. Supaya hormon melatonin yg didapatkan tubuh dapat lebih aporisma. Tidak hanya tubuhmu yg akan sehat dan segar waktu bangun nanti, kau pun dapat berhemat energi.

3. Kalau besok kau muncul kuliah jam 7 pagi jangan tidur siang dulu hari ini. Biarkan tubuhmu lelah hingga tidur lebih cepat malam nanti

Supaya mendapatkan tidur yg nyenyak di malam harinya, kau dapat menghindari tidur pada siang hari. Selain tidur malammu lebih berkualitas, kau maupun akan merasa mengantuk lebih cepat. Aika kau mempunyai sulit tidur atau gangguan tidur, tidur siang sangat tidak disarankan buatmu.

4. Hindari makan berat sebelum tidur demi tidur yg makin nyenyak

Langsung tidur sehabis makan akan mengakibatkan poly pengaruh negatif untuk tubuh kita. Ada beberapa kuliner dan minuman yg dapat memicu sistem pencernaan bekerja ekstra waktu kau sedang terlelap, sehingga tidurmu tidak dapat nyenyak atau bahkan hal ini akan membuatmu sulit tidur. Di sisi lain, tidur dalam keadaan lapar maupun dapat membuat tubuhmu lemas waktu bangun pagi. Jadi cara terbaik untuk menyiasatinya adalah, jangan makan terlalu berat waktu kau hendak tidur. Dan hindari minuman berkafein dan beralkohol.

5. Agar kau punya alasan untuk beranjak bangun, letakkan alarm di daerah yg jauh asal daerah tidur

Pasang alarm dan meletakkannya di samping daerah tidurmu itu dapat dikategorikan menjadi urusan ekonomi paling sia-sia dalam hidup. Karena waktu alarm bangun tidur berbunyi, kau dapat dengan praktis mengambilnya, mematikannya (atau snooze hingga bego) dan kemudian tidur lagi.

Nah, supaya alarmmu dapat berfungsi sebagaimana mestinya, letakkan alarm jauh asal daerah tidurmu sehingga mau tidak mau kau wajib bangun dan mencarinya dan mematikannya waktu alarm berdering. Sekali kau beranjak asal daerah tidur, umumnya kau sudah tidak berniat lagi untuk melanjutkan tidur.

6. Ganti dering alarm dengan lagu favorit atau lagu dengan irama lembut supaya kau tidak bangun dengan terkejut

Bunyi asal jam weker atau alarm ponselmu terkadang sangat menganggu dan dapat membuatmu bangun dalam keadaan yg terkejut sehingga dapat membuatmu merasa tidak segar bahkan tidak mood. Hal ini berbahaya lantaran dapat merusak suasana hatimu di residu hari.

Lebih baik gunakan fitur alarm dalam ponselmu dan aturlah suaranya menggunakan lagu favoritmu. Lagu-lagu dengan nada yg sedikit lembut atau ceria dapat membuatmu bangun tidur dalam keadaan senang.

7.  Usahakan maupun untuk selalu tidur dan bangun di waktu yg sama

Biasakan melakukan rutinitas tidur di waktu yg sama. Usahakan maupun supaya setiap hari kau dapat tidur dan bangun tidur pada jam yg serupa. Hal ini bertujuan supaya tubuhmu terbiasa dengan kegiatan rutin ini. Aika pola tidurmu berantakan, ini akan mengganggu jam tubuhmu, sehingga di pagi hari kau dapat semakin sulit untuk bangun pagi dan merasa segar kembali.

8. Jangan cari ponsel dan cek timeline dulu. Selepas bangkit segera minum air putih demi membangunkan tubuhmu

Minum air putih sebelum tidur dapat membuatmu bangun lebih cepat lantaran kau wajib segera ke kamar mandi untuk buang air mini. Dengan begini mau nggak mau kau wajib segera bangkit asal daerah tidur kan?

Sedangkan manfaat minum air putih sehabis bangun tidur adalah untuk membarui cairan tubuh yg hilang dan demi mengaktifkan kembali organ-organ dalam tubuh. Minum air putih sehabis bangun itu ibarat kick-start bagi metabolismemu, kau dapat lebih cepat sadar dan tidak lagi merasa ngantuk.

9. Buka jendelamu lebar-lebar supaya sinar mentari pagi dan udara segar masuk ke kamar

Biasanya kita akan lebih sulit tertidur waktu kamar dalam keadaan terang. Oleh alasannya adalah itu, bukalah ventilasi kamarmu supaya cahaya mentari di pagi hari dapat masuk ke dalam kamar. Hal ini dapat memicumu untuk membuka mata lebih lebar dan tidak lagi bergelung di bawah selimut nyamanmu. Selain itu, membiarkan ventilasi kamar terbuka waktu tidur berfungsi supaya peredaran udara di dalam kamar tetap berjalan lancar.

10. Bangunkan tubuhmu sepenuhnya lewat olahraga ringan di dalam kamar

Untuk hal yg satu ini memang wajib punya niatan dan urusan ekonomi yg ekstra. Tapi olahraga adalah cara paling pasti supaya sehabis bangun tidur kau dapat cepat kembali fresh lagi.

Kamu tidak perlu olahraga terlalu berat. Cukup lakukan gerakan-gerakan senam yg simpel di dalam kamar. Atau kau maupun dapat melakukan gerakan yoga yg akan membuatmu kembali bugar. Berolahraga dapat membuat tubuhmu lebih cepat aktif kembali dan siap untuk memulai kegiatan di residu hari.

11. Setelah sungguh sadar, basuh mukamu dengan air dan segera mandi pagi

Saat kau sudah sungguh terbangun asal tidur, segeralah beranjak asal daerah tidur kemudian basuhlah mukamu dengan air. Bersihkan area wajahmu terutama pada area lebih kurang mata. Membasuh paras dengan air akan merangsang saraf pada lebih kurang wajahmu sehingga membuatmu jadi lebih segar dan tidak merasa ngantuk lagi.

Aika kau memang sungguh susah untuk bangun pagi, kau dapat meletakkan sebaskom air bareng handuk mini di dekat daerah tidurmu. Segera sehabis kau bangun di pagi hari kau dapat meraupkan air ke wajahmu. Hal ini adalah cara jitu untuk membuatmu tidak kembali memejamkan mata waktu sudah terbangun di pagi hari.

12. Aika rasa ngantuk masih mengganggu, minum segelas kopi atau teh kental dapat membantu. Kafein akan meringankan rasa berat di matamu

Biasanya kau merasa kurang bersemangat dan mungkin sedikit pusing waktu baru bangun tidur. Rasa tidak semangat dan pusing ketua dapat membuat produktivitasmu menurun. Kamu dapat menyiasati ini dengan cara minum minuman berkafein beberapa waktu sehabis bangun tidur. Minuman yg mengandung kafein seperti kopi dan teh berfungsi untuk menambah energi dan dapat menghilangkan rasa kantuk di pagi hari.

13. Pilih sarapan sederhana yg ringan bagi perutmu. Roti, segelas susu, atau semangkuk sereal dapat jadi pilihanmu

Kadang kau merasa sedikit lapar waktu bangun tidur, hal ini lantaran hampir 8 jam lamanya kau tidak mengkonsumsi apapun. Beberapa waktu sehabis bangun pagi, cobalah untuk mengkonsumsi kuliner yg mengandung poly protein, seperti telur, susu, dan butir-buahan. Makanan yg mengandung protein sangat membantu menambah energi bagi tubuh, sehingga kau lebih cepat merasa segar.

14. Untuk membuat moodmu lebih baik dan siap menghadapi hari, lakukan hal yg menyenangkan sebelum masuk ke kelas nanti

Lakukan apapun yg dapat membuatmu senang di pagi hari. Misalnya saja membaca isu melalui gadgetmu, mendengarkan siaran radio penyiar favoritmu, mendengarkan musik kesukaan, atau bahkan bercengkerama dengan keluarga atau sahabat kost.

Menstimulasi pikiranmu dengan sesuatu hal yg menyenangkan akan membuatmu menjadi lebih cepat segar kembali. Dan andai istilah kau menjadwalkan kegiatan ini setiap hari, kau akan lebih termovitasi untuk lebih praktis dan bersemangat bangun pagi.

15. Yang perlu selalu kau ingat, bersyukurlah lantaran kau masih dapat membuka mata hari ini

Satu hal vital yg dapat membuatmu bangun pagi dan cepat merasa segar adalah dengan tersenyum dan bersyukur kau masih dapat melihat global ini kembali. Yup, sederhana akan tetapi sangat bermakna.

Tanpa sadar acapkali kita mengeluh dan menggerutu lantaran wajib bangun pagi, padahal itu adalah sebuah hibah lantaran kau masih diberikan kesempatan untuk hidup dan menghirup udara pagi ini. Mengingatkan diri sendiri untuk bersyukur di pagi hari akan membuatmu bersemangat dan lebih termotivasi lagi.

Bangun tidur adalah keliru satu kunci penentu produktivitasmu. Jangan hingga harimu rancu, telat kuliah, dan jadwal berantakan hanya gara-gara bangun tidur yg nggak betul. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! Selamat pagi

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

5 Alasan Sahih Bangun Pagi yg Sepatutnya Kamu Tahu Sejak Usia 17 Tahun!
10 Strategi Jitu Buat Kamu yg Sedang Berjuang Menyelesaikan Skripsi
Harus Banget Bangun Pagi?
Lakoni 10 Ritual Pagi Ini Agar Hari-harimu Berjalan Dengan Lebih Positif
12 Hal yg Bisa Jadi Pengingat Agar Kamu Lebih Bersyukur Hari Ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top