Sabtu, 11 November 2017

Abstraknya Perkembangan Teknologi Komunikasi

Abstraknya Perkembangan Teknologi Komunikasi
Abstraknya Perkembangan Teknologi Komunikasi

Seiring perkembangan jaman diera globalisasi ini, tidak ada yg bisa menebak perkembangan teknologi komunikasi dimasa yg akan tiba. Namun jikalau ditinjau berdasarkan sejarah perkembangan indera komunikasi berdasarkan masa ke masa, indera komunikasi pertama yg digunakan adalah merpati pos. Merpati pos adalah indera komunikasi yg memakai burung merpati buat berkata informasi melalui surat. Pertama kali digunakan sang Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) buat mengirimkan pesan kurang lebih kerajaannya. Orang Romawi memakai merpati pos buat mengirim pesan kepada pasukan militernya. Orang Yunani memberitahukan pemenang olimpiade melalui merpati pos. kepada masa perang dunia pertama (1914-1918) pun pasukan Amerika memakai permati pos buat komunikasi.

Kedua adalah telegraf, telegraf adalah indera buat mengirim dan menerima pesan berdasarkan jeda jauh. Ditemukan sang Samuel F.B. Morse beserta asistennya Alexander Bain (1837) asal Amerika. Di Indonesia, telegraf dimulai kepada tanggal 23 Oktober 1855, sang Pemerintah Hindia Belanda.

Ketiga, telepon. Telepon pertama kali ditemukan sang Alexander Graham Bell (1876), perkembangan berdasarkan telepon sendiri sangat berkembang pesat sebab kebutuhan akan komunikasi ketika itu sangat tinggi. Tahun 1967 PT Indosat menciptakan telepon gelombang mikro. Tahun 1976, satelit Palapa A-1 diluncurkan sebagai akibatnya jaringan telepon Indonesia meluas hingga luar negara.

Keempat, telegram. Telegram adalah indera yg digunakan buat mengirim dan menerima pesan berdasarkan jeda jauh. Ditemukan sang Samuel F. B Morse beserta asistennya Alexander Bain. Telegraf ada dua jenis, telegram biasa dan latif. Telegram biasa berwarna biru belia, sedangkan telegram latif biasa dikirimkan kepada hari-hari khusus mirip hari raya atau tahun baru.

Kelima, pager. Pager pertama ditemukan kepada tahun 1949 sang Al Gross dan booming dipakai masyarakat tahun 1974 dan memuncak ditahun 1998. Pager adalah indera komunikasi buat berkata dan menerima pesan pendek.

Keenam, Internet. Internet menjadi cikal bakal berkembang pesatnya indera komunikasi, dimulai berdasarkan handphone, tablet, pc, dll. Pada jaman ketika ini handphone sudah jarang ditemukan atau digunakan, sebab ditemukannya smartphone yg memiliki fasilitas lebih dibandingkan handphone.

Ada perkiraan bahwa perkembangan teknologi dimasa yg akan tiba seluruh akan serba tranparan mirip kaca, hidup akan jauh lebih gampang, dan instan. Seperti keliru satu indera inovasi google, yaitu google glass. Google glass adalah perangkat keras yg menyediakan seluruh layanan Google dalam grup band yg membungkus kepada kurang lebih ketua pengguna. Hal ini didasarkan kepada sistem operasi Google Android dan sudah memamerkan minat akbar terhadap fotografi dan video. Kadang-kadang, kita tidak mampu menangkap adegan, insiden hidup atau momen yg latif hanya sebab ketika yg dibutuhkan buat mengambil smartphone kami berdasarkan saku dan beralih kepada kamera tapi. Dengan Kaca Google, Knda hanya dapat memesan perangkat melalui perintah suara buat mengambil gambar, menghasilkan video, dan membaginya dengan sahabat-sahabat Google Glassmata kacamata berkualitas di optik tunggal frame yg menyediakan layar komputer mini kepada lapangan pengguna visi, itu adalah mirip perangkat yg pernah tersedia kepada pasar. Google glass sendiri memiliki fasilitas yg setara dengan smartphone, sebagai akibatnya tidak menutup kemungkinan era smartphone akan tergantikan dengan google glass.

https://chrezsoft.blogspot.com/2012/12/sejarah-perkembangan-indera-komunikasi.html

https://notedtrix.blogspot.com/2013/02/proyek-google-glass.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top