Rabu, 22 November 2017

Bahaya Radiasi Teknologi Modern bagi Kesehatan !!

Bahaya Radiasi Teknologi Modern bagi Kesehatan !!
Bahaya Radiasi Teknologi Modern bagi Kesehatan !!

Dalam kehidupan sehari-hari banyak aktivitas yang munggunakan teknologi baru, misalnya banyak orang yang tergila-gila akan sosmed (sosial media). orang-orang yang ketergantungan akan sosmed, seolah-olah mereka tidak peduli bagaimana bahaya alat yang digunakan buat berkomunikasi misalnya laptop, handphone, i-pod, computer & berbagai media baru lainnya. Menurut DeFleur & Rokeach (2013 : 516), derajat ketergantungan terhadap media ialah kunci dalam tahu kapan & mengapa pesan media massa bisa mengubah kepercayaan, perasaan, & perilaku audiensi. Dalam rakyat industry teranyar, orang semakin tergantung pada media buat: (a) tahu dunia sosial mereka; (b) bertindak secara bermakna & efektif dalam rakyat; & (c) buat menemukan fantasi & pelarian. Derajat ketergantungan khalayak terhadap media ditentukan oleh: (a) tingkat kepentingan isu yang disampaikan media; & (b) derajat perubahan & konflik yang terjadi dalam rakyat. Dalam penggunaan, banyak orang yang belum memakai menggunakan baik & betul. Padahal seluruh jenis teknologi tersebut memiliki radiasi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Radiasi yang keluar dari laptop biasanya berasal dari komponen laptop misalnya memory card, hard disk, & wifi dari pada radiasi yang dari layar monitor. Adapun beberapa hasil jangka panjang atau pendek dari sinar radiasi bagi kesehatan :

Dalam jangka pendek menghasilkan mata berair & lelah dikarenaka terlalu usang di depan monitor & berakibat juga pusing, susah tidur, & letih.
Daya penglihatan yang semakin menurun.
Radiasi sinar uv dari computer atau laptop dalam jangka usang akan mengakibatkan katarak atau gangguan pada mata yang di sebabkan kekeruhan di lensa mata.
Mebuat kulit menjadi iritasi & memerah yang dikarenakan yang di sebabkan oleh sinar radiasi VDU.
Mengurangi tingkat kesuburan bagi perempuan juga laki-laki.
Kanker otak & daya ingat menurun misalnya seringkali lupa.

Cara buat mengurangi & mencegah akibat dari radiasi :

Hindari penggunaan yang usang & menjaga jeda mata antara layar personal komputer, laptop, & smart phone.
Memasang filter pada computer & memakai kacamata berkualitas di optik tunggal anti radiasi ketika penggunaan.
Hindari penggunaan laptop di atas paha.
Sering menggedipkan mata agar mata tidak kering ketika penggunaan.
Jangan seringkali memakai laptop yang sedang di charge alasannya radiasinya akan lebih tinggi.
Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang baik buat kesehatan mata.

Maka marilah kita menjadi masyaratkat yang baik, memakai teknologi & sosmed menggunakan betul & baik. Jangan hingga kita menjadi ketergantungan & menjadi terganggu akan kesehatan kita, alasannya mencegah itu lebih baik dari pada mengobati & sehat itu mahal harganya.

Sumber : Morissan. 2013. Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top