Selasa, 06 Februari 2018

Mengapa Kulit Sekitar Mata Cepat Keriput

Mengapa Kulit Sekitar Mata Cepat Keriput

KOMPAS.com - Proses penuaan merupakan proses alami yg nir bisa dicegah, & paling mudah terlihat pada bagian paras. Beberapa bagian paras yg paling mudah tanda tanda-tanda penuaan ialah mata, dahi, & pipi.

"Dari seluruh bagian paras, mata merupakan area kulit yg paling cepat mengalami penuaan. Dan ini berpengaruh pada struktur anatomi kulit lebih kurang mata itu sendiri," celoteh Noor Jumaatun, pakar perawatan kulit & Artistry Training Manager Malaysia, ketika peluncuran Artistry Creme L/X Eye pada Epicentrum walk, Jakarta Selatan, Rabu (13/06/2012) lalu.

Ada beberapa alasan mengapa kulit pada area mata cepat mengalami penuaan, yaitu:

1. Kulit lebih tipis
Dibandingkan dengan kulit paras lainnya, kulit pada lebih kurang mata memiliki lapisan yg lebih tipis. "Ketebalan kulit area mata hanya berkisar 0,lima mm saja, menjadi akibatnya kulit area ini memiliki risiko yg lebih akbar terhadap banyak sekali faktor perusak kulit," tambahnya. Faktor-faktor tersebut antara lain gambaran sinar UV, iritasi, & faktor lingkungan lainnya.

2. Kelenjar minyak sedikit
Tipisnya lapisan kulit pada area mata juga disebabkan rendahnya kelenjar minyak (sebaceous glands). Kelenjar minyak ini berfungsi buat menjaga kelembaban pada area kulit mata. Kelenjar minyak yg sedikit ini akan mengakibatkan kulit mata mudah kemarau. Selain itu, area lebih kurang mata juga hanya memiliki sedikit folikel rambut yg berguna buat melindungi area sekitarnya.

tiga. Pembuluh darah tipis
Kulit lebih kurang mata memiliki banyak pembuluh darah yg tersusun sangat rapat. Sayangnya, pembuluh darah ini sangat tipis & dilapisi dengan lapisan kulit yg tipis. "Maka hindari menggosok mata terlalu kencang, lantaran akan menjadikan pembuluh darah ini pecah," ujar Noor.

Karena pembuluh darah & lapisan kulit yg menaunginya juga tipis, ketika pembuluh darah & kulit ini mengalami penuaan akan sangat mudah terlihat pada paras. Proses penuaan akan mengakibatkan pembuluh darah menjadi keras & menyempit.

4. Kurang elastis
Kulit pada lebih kurang mata tergolong kurang elastis. Kandungan kolagen yg membentuk kulit lebih elastis ini sangatlah sedikit. Selain itu, kolagen yg muncul pada lapisan kulit ini juga sangat halus & tipis.

lima. Lapisan lemak tipis
Kulit pada area mata memiliki lapisan lemak yg sedikit, menjadi akibatnya ketika ditekan pun lapisan ini nir terasa kenyal & "gemuk". Lapisan lemak yg sedikit akan membentuk kulit area mata, baik yg pada bawah mata maupun pada kelopak mata, akan lebih mudah keriput & cepat kendur.

6. Kurang dirawat
Karena lapisannya lebih tipis, krim perawatan paras yg dipakai nir semuanya bisa diaplikasikan buat area mata yg lebih sensitif. Namun, sampai ketika ini belum banyak orang yg konsisten buat merawat kulit pada area mata.

Kita sering "diskriminatif" dalam merawat kulit area mata. Misalnya, ketika mencuci muka Anda selalu memberi pijatan ringan pada kulit paras. Namun, Anda nir melakukan hal serupa pada mata, walaupun hanya dengan air hangat. Padahal proses pemijatan area lebih kurang mata bisa membantu melancarkan sirkulasi darah & meremajakan kulit.

"Seperti bagian paras lainnya, kulit pada area mata juga harus sering dipijat lembut supaya lebih rileks," saran Noor.

Untuk merawat mata, Anda harus nisbi istirahat supaya nir terbentuk kantung mata & bundar gelap pada mata. Kulit area mata juga bisa dirawat dengan cara selalu memakai kacamata berkualitas di optik tunggal anti UV (sunglasses) ketika surya terik. "Kesalahan banyak orang ketika menentukan kacamata berkualitas di optik tunggal ialah terlalu memikirkan bentuk & kecocokan dengan muka, akan namun melupakan tersedianya lapisan UV pada kacamata berkualitas di optik tunggal tersebut," tukasnya.

7. Banyak berkedip
Setiap manusia absolut berkedip. Dalam satu menit, Anda bisa berkedip lebih kurang 15 kali. Dan dalam satu hari, Anda bisa berkedip sampai 14.400 kali. Aktivitas otot mata seperti berkedip juga akan berpengaruh pada terbentuknya garis-garis halus & kerutan pada lebih kurang mata. "Dengan perawatan yg tepat & melakukan massage pada area mata maka, garis halus ini bisa disamarkan," tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top